Identifikasi Tumbuhan di Sekitar Sekolah
Hari ini adalah hari yang sangat menyenangkan di sekolah. Sebagai seorang guru, saya selalu bersemangat untuk memperkenalkan dunia literasi dan pengetahuan kepada para murid saya. Saat anak-anak datang ke kelas, saya langsung memberi mereka tugas pertama hari ini: membaca 1 halaman dari buku pilihan mereka. Kegiatan membaca ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan literasi mereka dan membuka cakrawala pengetahuan.
Setelah selesai membaca, kami melanjutkan ke bagian utama pelajaran hari ini: "Selamatkan Bumi Bagian 2 - Kekayaan Alam Indonesia." Saya memutar tayangan video yang menunjukkan keindahan dan keanekaragaman alam Indonesia. Anak-anak sangat terpukau dengan pemandangan yang luar biasa ini, dan saya melihat semangat mereka tumbuh untuk mencintai dan menjaga lingkungan.
Setelah menonton video, saya meminta beberapa anak memberikan tanggapan mereka tentang apa yang mereka lihat. Beberapa anak dengan penuh semangat berbicara tentang betapa pentingnya menjaga kekayaan alam Indonesia dan bagaimana kita semua bisa melindunginya.
Kemudian, saya mengajak mereka untuk menjalankan eksplorasi lingkungan sekitar sekolah. Setiap anak diberikan sebuah buku catatan untuk mencatat macam-macam tumbuhan yang mereka temukan di sekitar. Mereka berduyun-duyun keluar dari kelas, sambil bersemangat mencari dan mencatat berbagai tumbuhan yang mereka temui.
Setelah kembali ke dalam kelas, kami mulai mengelompokkan tumbuhan yang mereka temukan. Bersama-sama, kami mengidentifikasi tumbuhan yang termasuk dalam kategori tumbuhan hias, makanan pokok, jamu, sayuran, dan buah. Saya merasa bahagia melihat antusiasme mereka dalam belajar tentang keanekaragaman tumbuhan yang ada di sekitar mereka.
Kegiatan ini memberikan pengalaman nyata bagi mereka tentang bagaimana kita dapat bergantung pada alam untuk berbagai kebutuhan kita. Saya berusaha untuk membuat mereka menyadari betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati untuk masa depan bumi.
Setelah menyelesaikan kegiatan klasikal hari ini, saya mengajak mereka untuk merenung dan menuliskan cerita mereka dalam buku harian atau diary pribadi masing-masing, atau yang saya sebut sebagai #diaryhariansiswa. Saya ingin mereka melihat bagaimana hari ini menjadi salah satu bagian dari perjalanan belajar mereka.
Sebagai seorang guru, saya merasa bahagia dan beruntung bisa berada di tengah-tengah anak-anak yang begitu antusias dan bersemangat untuk belajar. Saya berharap apa yang mereka pelajari hari ini akan tetap melekat dalam pikiran dan hati mereka, dan mendorong mereka untuk berbuat lebih banyak dalam menjaga bumi dan alam semesta ini.
Saya berharap hari ini akan menjadi langkah awal bagi para murid saya untuk menjadi orang-orang yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Dengan kepedulian dan kecintaan mereka terhadap alam, saya yakin masa depan bumi akan lebih terjaga dan lestari.
Sebagai seorang penulis, saya juga merasa terinspirasi untuk mengabadikan momen berharga ini dalam tulisan saya. Saya akan menulis tentang pengalaman indah hari ini dalam sebuah cerita yang saya harap bisa menginspirasi orang lain untuk ikut peduli terhadap bumi dan alam Indonesia.
Hari ini adalah salah satu hari yang paling berkesan dalam perjalanan mengajar saya. Saya merasa bangga dan bahagia bisa menjadi bagian dari perjalanan belajar anak-anak ini. Semoga hari-hari mendatang akan memberikan banyak pengalaman dan pelajaran berharga bagi mereka dan untuk diri saya sendiri sebagai seorang guru dan penulis. #diarysangguru
Harapan saya bahwa semangat belajar dan kepedulian terhadap lingkungan akan terus tumbuh dalam diri para murid dan juga di kalangan pembaca cerita ini. Semoga generasi masa depan akan membawa perubahan positif untuk bumi dan alam Indonesia.
Posting Komentar untuk "Identifikasi Tumbuhan di Sekitar Sekolah"