Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggunaan Huruf Besar pada Kalimat (Materi kelas 2 SD, Latihan dan Rubrik Penilaian)

Materi Pelajaran           : Penggunaan Huruf Besar pada Kalimat

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa dapat memahami penggunaan huruf besar pada kalimat.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi huruf besar pada kalimat.
  3. Siswa dapat mengaplikasikan penggunaan huruf besar pada kalimat.

 

Pengertian Huruf Besar: Huruf besar adalah huruf yang digunakan pada awal kata, nama diri, judul, dan kalimat yang penting.

 



Contoh Kalimat dengan Penggunaan Huruf Besar:

Saya senang belajar Bahasa Indonesia.

Ani pergi ke Jakarta untuk liburan.

Hari ini adalah Hari Kartini yang diperingati setiap tahunnya.

Presiden Jokowi membuka acara Pekan Olahraga Nasional.

Ayah membeli sebuah mobil baru.

 

Penggunaan Huruf Besar pada Kalimat:

  1. Huruf besar digunakan pada awal kalimat. Contoh: Anak-anak bermain di taman.
  2. Huruf besar digunakan pada awal kata dalam judul. Contoh: Buku Cerita Rakyat Indonesia.
  3. Huruf besar digunakan pada nama orang, hewan, tempat, dan benda yang khusus. Contoh: Ani, Singa, Jakarta, dan Monas.
  4. Huruf besar digunakan pada nama hari, bulan, dan hari libur. Contoh: Senin, Januari, Hari Raya Idul Fitri.
  5. Huruf besar digunakan pada nama negara dan benua. Contoh: Indonesia, Asia, Amerika.

Latihan Soal:

1.     Beri tanda lingkaran pada huruf besar yang salah pada kalimat berikut ini:

a.     Ani dan budi sedang bermain di taman.

b.    ibu membelikan aku buku cerita rakyat jawa.

c.     Hari raya idul adha diperingati setiap tahunnya.

d.    Kucing saya bernama putih.

e.     ayah pergi ke pulau bali untuk liburan.

 

2.     Buatlah kalimat dengan menggunakan huruf besar pada awal kata dan nama diri!

 

 

 

LKS (Lembar Kerja Siswa)

1.     Berilah tanda lingkaran pada huruf besar yang benar pada kalimat berikut ini:

a.     Saya dan kakak pergi ke pasar pada hari sabtu.
b.    Hari raya natal diperingati setiap tahunnya.
c.     Ayah membeli sebuah mobil baru merk toyota.
d.    Anak-anak senang bermain bola di lapangan.
e.     Sekolahku berada di kota surabaya.

 

2.     Lengkapilah kalimat di bawah ini dengan huruf besar yang tepat!

a.     saudara pergi ke kota . . . untuk belanja.
b.    adik suka membaca buku cerita rakyat . . .
c.     hari ini adalah hari ulang tahun teman . . . yang ke-8.
d.    makanan khas . . . adalah nasi goreng.
e.     ibu bekerja di kantor . . . selama 5 tahun.

Jawaban: Latihan Soal

a. Ani dan Budi sedang bermain di taman.

b.Ibu membelikan aku buku Cerita Rakyat Jawa.

c. Hari Raya Idul Adha diperingati setiap tahunnya.

d. Kucing saya bernama Putih.

e. Ayah pergi ke Pulau Bali untuk liburan.

 

Contoh kalimat dengan huruf besar:

a. Saya belajar di SD Negeri Pahlawan.

b. Nama saya adalah Budi.

c. Teman saya, Ani, sedang sakit.

d. Kucing saya, Oreo, suka makan ikan.

e. Hari ini, Senin, kami belajar Matematika.

 

LKS (Lembar Kerja Siswa):

1.

a. Saya dan kakak pergi ke pasar pada hari Sabtu.

b. Hari Raya Natal diperingati setiap tahunnya.

c. Ayah membeli sebuah mobil baru merk Toyota.

d. Anak-anak senang bermain bola di lapangan.

e. Sekolahku berada di kota Surabaya.

 

 

 

2.

a. Saudara pergi ke kota Surabaya untuk belanja.

b. Adik suka membaca buku Cerita Rakyat Jawa.

c. Hari ini adalah hari ulang tahun teman saya, Budi, yang ke-8.

d. Makanan khas Indonesia adalah nasi goreng.

e. Ibu bekerja di kantor Bank Mandiri selama 5 tahun.

 

 

Kriteria Penilaian:

Kemampuan siswa mengidentifikasi huruf besar pada kalimat.

Kemampuan siswa mengaplikasikan huruf besar pada kalimat dengan benar.

 

Skor Penilaian:

  • Sangat Baik: Siswa dapat mengidentifikasi huruf besar pada kalimat dengan tepat dan mengaplikasikan huruf besar pada kalimat dengan benar.
  • Baik: Siswa dapat mengidentifikasi huruf besar pada kalimat dengan baik dan mengaplikasikan huruf besar pada kalimat dengan cukup benar.
  • Cukup: Siswa dapat mengidentifikasi huruf besar pada kalimat, namun kesalahan dalam mengaplikasikan huruf besar pada kalimat masih terjadi.
  • Kurang: Siswa kesulitan mengidentifikasi huruf besar pada kalimat dan banyak kesalahan dalam mengaplikasikan huruf besar pada kalimat.

Contoh Rubrik Penilaian:

Kriteria

Skor

SB

(4)

B

(3)

C

(2)

K

(1)

Kemampuan mengidentifikasi huruf besar pada kalimat

 

 

 

 

Kemampuan mengaplikasikan huruf besar pada kalimat

 

 

 

 

 SB: Sangat Baik     B: Baik        C: Cukup        K : Kurang

Penilaian akhir dapat dihitung dengan menjumlahkan skor dari kedua kriteria penilaian di atas. Skor maksimal yang bisa didapatkan adalah 8.

 

Nilai Akhir : Skor Perolehan x 100

                   Skor  maksimal

  

Posting Komentar untuk "Penggunaan Huruf Besar pada Kalimat (Materi kelas 2 SD, Latihan dan Rubrik Penilaian) "